Peran jejaring sosial facebook


Peran Jejaring Sosial Facebook
Oleh: Zarmika Sitinjak
          Dewasa ini hampir sebagian besar masyarakat telah menggunakan jejaring sosial internet. Mulai dari anak-anak berusia 10 tahun sampai pada orang dewasa. Jejaring sosial yang paling marak digunakan yaitu facebook, twitter, dan blog. Indonesia menjadi pengguna terbanyak kedua di dunia yang menggunakan jejaring sosial facebook. Karena hal tersebut sehingga sangat berdampak pada generasi di Indonesia. Penggunaan jejaring sosial tersebut ada yang berdampak baik dan ada juga yang berdampak buruk bagi penggunanya. Untuk anak-anak berusia 10 tahun mungkin belum berefek besar karena digolongkan masih pemula. Namun berbeda halnya untuk golongan remaja sampai dewasa.
            Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada Mei 2012, Facebook memiliki lebih dari 900 juta pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan peralatan bergerak. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Facebook merupakan akun jejaring sosial yang dapat digunakan untuk menjadi sumber informasi, fasilitas aspirasi interaktif antarmasyarakat, hiburan dan edukasi dalam waktu yang bersamaan. Facebook diciptakan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Awalnya hanya digunakan  untuk mahasiswa Harvard saja, namun kemudian perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford dapat menggunakannya juga. Menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.
 Facebook memungkinkan anda berteman dengan siapa saja yang memiliki akun facebook bahkan sampai pada jangkauan global. Artinya mendunia. Ada beberapa istilah dalam mengggunakan facebook. Add  merupakan istilah yang digunakan bila anda ingin berteman dengan orang yang akan anda tambahkan sebagai teman. Kehadiran media ini sebagai interaktif yang tidak bisa diabaikan keberadaannya. Anda dapat berteman dan berinteraksi dengan siapa saja yang anda inginkan. Hal ini dapat meningkatkan nilai sosial dalam masyarakat karena saling terhubung satu dengan yang lain. Selain itu ada istilah update states. Istilah ini untuk pengguna akun yang ingin menuliskan apa saja kejadian, kondisi bahkan ungkapan perasaan yang dialami oleh facebookers dan setiap hal yang anda tuliskan dapat diakses dan dikomentari oleh teman anda di facebook sebagai umpan balik secara langsung. Facebook adalah cara baru yang sangat populer dan kuat untuk berinteraksi dan menyuarakan pendapat. Facebook juga dapat menjadi sarana informasi dan edukasi. Departemen pendidikan dan akun-akun yang menyediakan informasi tentang ilmu pengetahuan juga mempublikasikannya lewat facebook. Anda dapat bergabung hanya dengan menyukai fanpage­nya dan secara otomatis setiap informasi yang dipublikasikan akan masuk ke beranda akun facebook anda. Selain itu banyak fanpage lain yang sangat berguna bagi pengguna facebook seperti info lowongan kerja, info niaga, info universitas tertentu, mengenai agama, musik, dan tokoh-tokoh yang anda kagumi.
Selain dampak positif di atas, facebook juga membawa dampak buruk bagi penggunanya. Dampak negatif yang ditimbulkan seperti pelecehan seksual, praktek prostitusi, tindakan asusila, pertengkaran, penghinaan, dan pencemaran nama baik. Contohnya di luar negeri, seorang remaja puteri asal New York menuntut empat orang mantan teman-teman SMA, orang tuanya, dan facebook sebesar 3 juta dolar dikarenakan ia diperolok dan dihina dalam sebuah forum pribadi di facebook. Pengguna akun facebook terkadang lebih mudah untuk mengungkapkan perasaan mereka secara terbuka hingga tidak ada lagi hal yang pribadi dan rahasia. Bagi mereka yang tidak mampu mengkondusifkan waktu dalam penggunaan facebook juga akan berdampak negatif. Dengan penggunaan facebook yang berlebihan secara langsung maka akan mengurangi waktu belajar bagi mahasiswa atau siswa. Kini bagaimana kita menyikapi penggunaan facebook supaya menjadi hal yang berguna bagi kita dan mengadakan batasan dalam menggunakannya demi menjauhkan setiap hal-hal buruk yang akan terjadi.

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Pencitraan Puisi Balada - Zarmika Sitinjak

Essai Karakter - Integritas Mahasiswa

Kritik Sastra - puisi